DESA EKOWISATA PAMPANG KERJA BAKTI MEMBUKA RINTISAN WANADESA

Kuw4di 07 Juni 2022 12:05:08 WIB

DESA EKOWISATA PAMPANG

KERJA BAKTI MEMBUKA RINTISAN WANADESA

Minggu 22 Mei 2022, Desa Ekowisata Pampang yang telah berkomitmen dalam Konsep: KONSERVASI, EDUKASI dan REKREASI terus ber inovasi dalam mengembangkan potensi Desa/ Kalurahan. Minggu pagi itu warga Dusun Pampang sangat berantusias melakukan kerja bakti/ (Gotong Royong) untuk membuka “RINTISAN WANA DESA” di lingkungan Sumur resan atau yang sudah sangat di kenal manfaatnya dengan SUMUR GEDHE , Warga berharap Resan Sumur Gedhe ini bisa di lestarikan keberadaanya sekaligus menjaga Konservasi alam karena rsan ini adalah warisan nenek moyang pendahulu pendiri Desa Pampang yang tentu ketika itu di rasakan Masyarakat sangat bermanfaat keberadaanya.

Kegiatan ini di apresiasi luar biasa dengan hadirnya bapak Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto, Kepala Dinas Kundho Kabudayan Gunungkidul Bpk. Agus Mantara, serta Dewan Pengawas Cagar Budaya Bpk. CB Supriyanto, tak terlewatkan moment tentang Pelestarian Alam konservasi air ini di hadiri Mas Edi Patmo sebagai ketua Kominitas RESAN Gunungkidul yang juga membawa Crew music resan Blues yang sangat klasik membawakan lagu dengan tema Gotong-royong dan adat Budaya Gunungkidul yang kini hampir hilang oleh kondisi jaman yang makin modern. Komunitas SMA 2 Playen membawa muridnya yang peduli pelestaria alam lingkungan ikut kerja bakti bersama warga membersihkan lingkungan sumur gedhe, selesai kerja bakti di lanjutkan dengan menanam pohon yang memiliki nilai manfaat menjaga sumber air dan pohon buah untuk konservasi habitat burung endemic di Desa Pampang.

Kegiatan yang di gagas ketua POKDARWIS kalurahan Pampang Rohmat Asnawi mendapat dukungan yang luar biasa dari warga dusun Pampang, Lurah Kalurahan Pampang Bpk. Saiful Khohar juga mengapresiasi kegiatan ini dengan memberikan motivasi kepada Warga agar ini berkelanjutan tidak hanya sampai di sini saja.

Agus Mantara juga memberikan pesan kepada warga “ Agar menyelamatkan hasil karya leluhur yang sudah mulai banyak di tinggalkan dan tidak peduli lagi, kegiatan ini terus berlanjut, sejarah sumur gedhe perlu di sempurnakan dengan data-data dan literasi yang jelas dan kuat,karena kalua menulis sejarah datanya tidak jelas tidak akan di percaya Masyarakat saat ini dan nantinya akan membingungka anak  lebih jelas” Kepla Dinas Kundo Kabudayan Gunungkidul juga berjanji akan ikut mendampi dalam penelusuran sejarah ini. Acara di tutup dengan doa bersama yang di pim[in Lurah Pampang di lanjutkan  makan nasi wudhuk sebagai rasa kebersamaan dalam moment berkumpulnya warga bergotong –royong.

(Redaksi oleh: @tuyakatta, Mei 2022)

Dokumen Lampiran : DESA EKOWISATA PAMPANG KERJA BAKTI MEMBUKA RINTISAN WANADESA


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

TERJEMAHAN

CEK KTP

Silahkan Masukan NIK anda, Untuk melakukan Cek E-KTP Anda