REOG DESA PAMPANG TAMPIL DI TAMAN BUDAYA GUNUNGKIDUL (Seni Budaya)

kalurahanpampang 20 Juni 2022 12:30:49 WIB

 

Rabu, 15 Juni 2022, REOG KREASI KRIDHO BUDOYO Kalurahan  Pampang tampil di TBG (Taman Budaya Gunungkidul) mewakili kapanewon Paliyan, penghargaan yang luar biasa atas kerja keras pengurus seni reog Ari Miharno yang mengkomandoi dari segi pelatihan, pendampingan nguri uri seni budaya  reog hingga menghimpun anak-anak SD, SMP dan SMA untuk selalu aktif tampil mengasah kemampuan tentang seni reog. Akhirnya Reog Kreasi Kridho Budoyo tampil bersama di TBG bersama komunitas Reog 18 kecamatan se- Gunungkidul, sekaligus mewakili tujuh desa/ kalurahan di Wilayah Kapanewon Paliyan, dan beruntungnya masuk di 7 besar sebagai juara reog se- gunungkidul. Suport Kalurahan juga tak ketinggalan dengan memberikan Dana Desa untuk sementara di manfaatkan pembelian seragam dan latihan atau spel tiap sebulan dua kali, lewat Ulu-ulu Kalurahan Pampang Dwi Hardawanta selalu tampil mendampingi di tiap kegiatan.

Siang itu Reog Kreasi Kridho Budoyo tampil pertama diantara 18 reog yang berkumpul di TBG, Lurah Pampang Bpk. Saiful Khohar pun dengan semangat juga ikut menghadiri acara seni budaya reog Rabu, 15 Juni 2022, Reog “KREASI KRIDHO BUDOYO” Kalurahan Pampang tampil bersama di TBG . Tentu saja ini pencapaian yang lumayan bagus sebagai pendatang baru dan bisa mendapatkan posisi di 7 besar reog se-Gunungkidul.

Bagaimana awal mulanya seni reog ini muncul dan diminati kalangan muda, anak-anak di Kalurahan Pampang?, Ari Miharno menuturkan ketika itu pada tanggal 6 Juni 2020 awal pertama merekrut dan mengumpulkan anak-anak dan pemuda Pampang untuk berlatih Reog yang di damping Bpk. Jarno sebagai pelatih sukarela dari Desa sebelah yaitu Grogol, melihat antusiasnya anak-anak ini menjadi peluang bagus agar anak-anak mendapat ruang dalam mengembangkan bakat seni Reog, yang tidak hanya di rumah bermain gawai android saja, tidak hanya anak-anak dan pemuda saja yang antusias, dengan alunan gamelan yang khas Reog wargapun turut berkumpul dan melihat pertunjukan itu sekaligus sebagai hiburan, dukungan warga akhirnya muncul dengan meminta ketika jadwal latihan nanti agar di rumahnya bahkan tidak hanya tempat tapi pacitan dan minum sekedarnya di sediakan warga yang meminta halaman rumahnya untuk latihan, dari dukungan itu pengurus Reog makin semangat,  dalam perjalananya makin berkembang terus dan makin banyak warga yang meminta ketempatan sesuai jadwal spel reog.

Pada saat Desa sebelah yaitu Desa Grogol dalam membuka Pasar Kuliner Reog Pampang juga di minta untuk tampil memberikan daya Tarik atau meramaikan  pembukaanya, dan menambah semangat anak-anak untuk tampil yang lebih bagus, pengurus pun merubah jadwal latihan yang sebelumnya sebulan dua kali menjadi seminggu dua kali, lama kelamaan Desa-desa lain tau kalua Kalurahan Pampang memiliki kelompok seni Reog. Dan Puncaknya adalah pada bulan Juni tahun 2022 tepatnya tanggal 15 hari Rabu Pak Penewu berkunjung langsung ke Pampang pada intinya seni Reog Pampang di minta untuk mewakili Kapanewon Paliyan untuk maju mengikuti Festial Reog di Kabupaten Gunungkidul atau di pusat kebudayaan  Gedung  TBG (Taman Budaya Gunungkidul0. (@tuyakatta,/ editor: Titi maryuti/ SIDes, Juni 2022)

Komentar atas REOG DESA PAMPANG TAMPIL DI TAMAN BUDAYA GUNUNGKIDUL (Seni Budaya)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

TERJEMAHAN

CEK KTP

Silahkan Masukan NIK anda, Untuk melakukan Cek E-KTP Anda