KEGIATAN PELATIAHAN PENGELOLAAN SAMPAH KKN UAD MELALUI BANK SAMPAH

kalurahanpampang 27 Februari 2023 10:56:19 WIB

 

Kalurahan Pampang, 23 Februari 2023, KKN Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta yang bertugas di Kalurahan Pampang selama satu bulan mengadakan kegiatan edukasi kepada masyarakat tentang pemanfaatan limbah rumah tangga. Masing-masing Dusun diundang  menjadi perwakilan yaitu lima orang di tiap dusun untuk ikut  dalam program yang diadakan KKN UAD.

KKN UAD menggadeng sekertaris BUMKal “Mekar Wangi” dalam kegiatan tersebut untuk mengetahui unit BUMKal yang perlu mendapat motivasi, yang bertempat di Aula rapat Kalurahan Pampang kegiatan pengelolaan sampah organik berlangsung dari pemberian motivasi oleh narasumber sampai dengan praktek pembuatan kompos organik, sekertaris BUMKal Mekar Wangi juga mengundang unit yang menaungi di Pengelolaan sampah yaitu BANK SAMPAH BENDOWO MAKMUR yang telah dibentuk oleh Pemdes Pampang pada 2017 silam yang ditetapkan dengan SK Kepala Desa Pampang No: 22 tahun 2017 tentang Pendirian Bank Sampah.

Narasumber yang dihadirkan pada pelatihan ini tidak tanggung-tanggung yaitu Bank Sampah yang sudah berprestasi, baik tingkat DIY Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan prestasi penghargaan dari Dinas Lingkungan Hidup  (DLH) Gunungkidul,  juga pernah mendapat kunjungan dari Kementrian KLHK, beliau adalah Jumirah penggiat Bank Sampah dari Patuk Gunungkidul. Banyak sekali ilmu yang didapat dalam kesempatan itu, tidak hanya pemilahan sampah tapi pada pengolahan sampah, yaitu  pengelolaan sampah alam dilingkungan maupun cara pembuatan pupuk cair POC yang manfaatnya banyak sekali, bahkan cara pembuatan cairan seperti EM4 juga disampaikan. Acara yang dimulai dari jam 08.00 sampai jam 11.00 WIB itu cukup antusias diikuti undangan yang hadir sekitar 25 orang warga se kalurahan Pampang. Kegiatan pada Kamis pagi itu yang dibuka langsung oleh Lurah Pampang Saiful Khohar diteruskan dengan dua narasumber Jumirah dan juga Ketua Bank Sampah Kalurahan Pampang yang sedikit merefresh keberadaan bank sampah Bendowo Makmur yang saat ini sedikit fakum dari semenjak pandemic korona tepatnya di 2021 silam dan sampai saat ini masih belum aktif secara rutin berkegiatan.

Semoga dengan kehadiran Narasumber ini  bisa memberi motivasi lagi untuk kegiatan Bank Sampah Pampang, Jumirah juga memberikan satu paket buku tentang Pengelolaan sampah dan buku slip Bank Sampah, serta buku tabungan yang diterbitkan langsung  oleh Badan Lingkungan Hidup DIY.

Keberadaan Bank Sampah ditiap desa sebenarnya sangat penting, yaitu menurut Peraturan menteri Lingkungan hidup No.13 Tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan 3R (Reduce,reuse dan Recicle)  melalui Bank Sampah. Bank Sampah adalah tempat pemilahan dan pengumpulan sampah yang dapat didaur ulang dan /atau diguna ulang yang memiliki nilai ekonomi. Dari peraturan tersebut diamanahkan bahwa bank sampah adalah tempat untuk mengelola sampah dengan sistem 3R.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

TERJEMAHAN

CEK KTP

Silahkan Masukan NIK anda, Untuk melakukan Cek E-KTP Anda