PENELITIAN UNIVERSITAS UDAYANA BALI DIDESA PAMPANG

kalurahanpampang 18 Mei 2023 10:03:09 WIB

 

(Desapampang.gunungkidulkab.go.id) Pada bulan maret 2023 Kalurahan pampang mendapat kunjungan tiga Mahasiswa dari dua Kampus universitas yang berbeda, yaitu Universitas Udayana Bali dan Universitas Veteran Yogyakarta. Dalam hal ini keperluan ketiga mahasiswa ini adalah untuk mengadakan penelitian mengenai pengelolaan potensi Desa Ekowisata pampang.

Community Based Tourism (CBT) Desa Ekowisata pampang dalam mengembangkan potensi wisata bahwa Masyarakat sebagai pelaku utama kegiatan kepariwisataan melalui berbagai kegiatan yang terlibat didalamnya, Penjual makanan dan minuman/ kuliner, petugas parkir, Pemandu wisata, menegement Pariwisata dan penyedia home stay. Banyak hal yang menjadi pertanyaan tentang pengelolaan Desa wisata ini dikarenakan tidak hanya Masyarakat yang terlibat dalam keberhasilan pengembangan Desa Wisata, diantaranya peran pemerintah sebagai Fasilitator dan Regulator, swasta sebagai Pelaksana atau pengembang bisa ke investor dan Masyarakat sebagai pelaksana atau tuan Rumah/Subyek, warga Desa atau masyarakat sangat diperlukan akan keterlibatanya juga partisipasinya untuk menjaga keberlangsungan kegiatan desa wisata.

Menurut beberapa Mahasiswa yang datang Ke Desa Ekowisata pampang kenapa mereka tertarik untuk mengadakan penelitian?,     pertama adalah konsep ekowisata Pampangnya, pampang tidak memiliki viev anugrah alam, namun segala isinya adalah sebuah kearifan lokal yang menjual, dan tambahan wisata buatan sehingga dalam pengembanganya berbasis Masyarakat sangat besar keterlibatanya. Menurut Mahasiswa Udayana di Bali ini Pampang sangat menarik untuk di teliti dalam konsep pengelolaanya, di Bali juga semua menjadi Desa wisata akan tetapi tidak banyak tantangan untuk diteliti karena memang semua kearifan lokalnya dalam satu keyakinan yang sudah menjadi budaya dimana saja, Konsep Ekowisata juga tidak banyak ditemukan di Desa wisata lainya, dalam satu kecamatan di wilayah Paliyan tujuh Desa yang ada hanya Pampang yang konsen dalam mengembangkan potensi desanya dengan konsep konservasi edukasi dan rekreasi. Mahasiswa Udayana ini menginap dijogja selama satu bulan untuk mengadakan penelitian di desa Ekowisata pampang, Penelitian ketiga mahasiswa ini untuk membuat skripsi mereka yang nantinya Desa wisata Pampang akan mendapat Buku hasil dari penelitianya itu.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

TERJEMAHAN

CEK KTP

Silahkan Masukan NIK anda, Untuk melakukan Cek E-KTP Anda