PAMPANG SEKARANG MEMILIKI TPS3R

kalurahanpampang 29 Desember 2023 10:34:24 WIB

 

(Desapampang.gunungkidulkab.go.id) Kalurahan Pampang kini memiliki tempat Pegolahan sampah (TPS3R) yang berada di Padukuhan  kedungdowo Kulon, proses pembentukan KMP ini melalui prosedur musyawarah warga, Kelompok Masyarakat penyelenggara (KMP) yang sudah terbentuk melalui musyawarah warga yang di inisiasi oleh Lurah Pampang Saiful Khohar ini menghasilkan kesepakatan bersama, penentuan titik lokasi yang sebelumnya telah disurvey oleh  Dinas Tata ruang Kabupaten gunungkidul dan Dinas Lingkungan Hidup, keberadaan KMP difasilitasi karena KMP bisa berdiri harus berada ditanah kas desa. Kesepakatan dalam musyawarah warga itu akhirnya menetapkan Susunan Kepengursan KMP dalam proses tahap konstruksi, menentukan nama KMP  (Mbulu makmur).

Apa TPS3R itu? Yaitu “Tempat Pengolahan Sampah dengan Prinsip 3R (reduce, reuse dan recycle) adalah tempat dilaksanakannya kegiatan pengumpulan, pemilahan, penggunaan ulang, dan pendauran ulang skala kawasan” TPS 3R diharapkan dapat berkontribusi untuk mengurangi sampah yang masuk ke TPA sampah mengingat ketersediaan lahan untuk TPA sampah khususnya di perkotaan semakin sulit serta mendukung ketercapaian target pengurangan sampah sesuai PP 97/2017.

Tujuan adanya TPS3R,  terbangunnya prasarana dan sarana TPS 3R untuk mendukung target pengurangan dan penanganan sampah sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga di sekitar lokasi kegiatan.

Kedepan adanya TPS3R Mbulu Makmur ini bisa membawa berkah utamanya dalam menciptakan lapangan kerja, Pembangunan TPS3R yang didanai dari sumber dana APBN dari PUPR Sanitasi  dengan nilai Limaratus Juta rupiah sudah dilengkapi dengan Fasilitas PRASARANA 1. Hanggar, untuk kegiatan penerimaan, pemilahan, pengolahan (organik-anorganik), pengemasan 2. Gudang, untuk menyimpan kompos dan sampah anorganik ekonomis, serta residu 3. Kantor, Pengelola, apa saja SARANA TPS 3R: 1. motor sampah/roda tiga 1 unit, 2. Pengolahan : mesin pencacah sampah organic, &  mesin pengayak kompos. Keberhasilan pengoperasian TPS3R tidak lepas dari kepedulian  warga yang dengan ikhlas menjadi pelanggan. Setelah operasional KMP melalui Kalurahan akan bersurat kepada DLH Gunungkidul untuk meminta pelangganya di Pampang beralih ke KMP Mbulu Makmur Pampang. KMP berencana akan melakukan pengambilan sampah kerumah- rumah seminngu dua kali, dalam ujicobanya nanti akan di Gratiskan selama 1 Buan, KMP juga akan memberikan harga yg sedikit lebih murah dari yang berlaku  selama ini. 

Selanjutnta TPS3R ini akan dikembangkan oleh pengurus KMP Pampang “Mbulu Makmur” dengan mengadakan pengambilan sampah ke Masyarkat yang akan menjadi pelangganya, sampah akan dipilah di hangar, sampah alam diolah menjadi kompos,pilahan yang memiliki nilai ekonmi akan dijual. Sekali lagi bahwa peran Masyarakat dalam mendukung program Hidup Bersih Sehat (PHBS) masyarakat nantinya berperan menjadi pelanggan utama dengan sistem berbayar di setiap bulan, layanan juga akan dikembangkan dengan penggilingan pupuk kohe/lethong/srintil kambing yang nantinya pupuk siap digunakan petani untuk penanaman sayuran,padi dan lainya, inipun juga berbayar dikarenakan semua membutuhkan BBM dan tenaga operator KMP. TPS3R yang berada dikedungdowo Kulon ini nantinya akan bersinergi dengan sumur Bor yang sudah dibangun dengan ADD untuk pengairan pertanian di sekitar lokasi, berharap kedepan akan dikedungdowo Kulon para petani bisa memanfaatkan lading mereka ketika kemarau untuk pertanian sayuran,semabgka,pakan ternak dan bisa menambah nilai ekonomi Padukuhan kedungdowo kulon dan Kalurahan Pampang pada umumnya. Sehingga tidak hanya di wilayah timur saja yang selalu ada pemanfaatan ladang dimusim kemarau, kedepan dikedungdowo kulon juga aka nada petik semangka,sayuran, dan akan berkembang memiliki Petani Muda Milenial sebagai generasi petani muda yang berinovasi, bahwa petani itu menyenangkan, ada hasil ada pengembangan untuk desa, ada pemberdayaan masyarakat yang lebih maju.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

TERJEMAHAN

CEK KTP

Silahkan Masukan NIK anda, Untuk melakukan Cek E-KTP Anda